burung twitter

Friday, June 26, 2015

Rancangan Sistem UM


Universitas Gunadarma merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di indonesia. di dalam universitas ini terdapat sistem yang di tujukan untuk membantu mahasiswa untuk perbaikan nilai yang bernama ujian mandiri. di dalam ujian mandiri mahasiswa diwajibkan untuk belajar dalam mata kuliah tertentu, lalu di ujikan melalui ratusan soal melalui komputer. prosedur yang di lakukan dalam ujian mandiri antara lain, mahasiswa harus memeli tiket yang terdapat di lokasi tertentu, lalu mendaftar untuk ujian di lokasi yang tidak jauh dari lokasi pendaftaran. Permasalahannya adalah bukan cuma 1, 10 bahkan 100 mahasiswa yang akan ujian. Pada situasi tertentu bahkan ada ratusan mahasiswa yang mengantri untuk mendapatkan tiket tersebut. Untuuk itu, dalam tugas Softsklill kali ini, penulis berimajinasi jikalau mungkin terdapat solusi yang lebih baik untuk mensikapi permasalahan tersebut dengan menggunakan kartu mahasiswa universitas gunadarma.
kartu mahasiswa gunadarma selama ini umumnya hanya digunakan sebagai kartu identitas saja, padahal sangat di sayang kan karena gunadarma bekerja sama dengan Bank DKI dalam hal ini. meskipun pada kenyataannya sebagian besar mahasiswa tidak menghiraukannya karena tidak setenar bank lainnya seperti Mandiri dan BCA. ide saya kali ini adalah dengan memanfaatkan hal tersebut supaya bisa digunakan mahasiswa dalam ujian mandiri dan hal lainnya yang berhubungan dengan keuangan.
 

 


berikut merupakan tampilan atau interface dari aplikasi. aplikasi ini dibuat menggunakan sistem yang mirip dengan mesin atm, tetapi tidak digunakan untuk penarikan sejumlah uang melainkan digunakan untuk perkuliahan mahasiswa. dengan memanfaatkan fasilitas ini diharapkan memudahkan mahasiswa untuk melakukan perbaikan nilai. prosedur yang di lakukan jika menggunakan sistem ini adalah :
- mahasiswa mengisi saldo dengan menabung di Bank DKI
- datang ke ATM bank dki di lokasi pendaftaran loket Ujian Mandiri
- persis seperti mesin ATM, masukan sandi, lalu pilih menu ujian mandiri
- setelah mendaftar mahasiswa akan mendapatkan tiket tanda bukti pendaftaran dan nomor antrian.
- mahasiswa tinggal menunggu nomor antriannya di panggil lalu siap melaksanakan ujian mandiri.

keuntungan yang di dapat :
- memudahkan mahasiswa dalam perbaikan nilai
- mempererat kerja sama Bank DKI dengan Universitas Gunadarma
- Simbiosis Mutualisme

2 comments:

silahkan komentar disini