burung twitter

Sunday, August 12, 2012

Ordered list dan Unordered list Pada HTML



Ordered list adalah suatu metode mengurutkan daftar dengan menggunakan angka, abjad dan angka romawi pada html. Sedangkan Unordered list adalah kebalikannya yaitu metode mengurutkan daftar dengan menggunakan simbol atau special character pada html. Pemburtan daftar pada ordered list dan unordered list pada html menggunakan <li> untuk menampilkan isi dari daftar.
Contoh :

Coba script dibawah ini untuk Ordered List :



<html>
<head><title>ordered list</title></head>
<body>
<ol>
<li>saya
<li>dia
<li>kamu
</ol>
</body>
</html>



Maka hasilnya akan seperti di bawah ini :



Coba script dibawah ini untuk Unordered List :

<html>
<head><title> unordered list</title></head>
<body>
<ul>
                <li>saya
                <li>dia
                <li>kamu
</ul>
</body>
</html>



Maka hasilnya akan seperti di bawah ini :


Ordered list di bagi atas beberapa macam yaitu dengan tipe angka, abjad, angka romawi.
Macam macam type ordered list :
Jika type="1"     maka akan menampilkan 1,2,3,....
Jika type="a"     maka akan menampilkan a,b,c,....
Jika type="A"     maka akan menampilkan A,B,C,....
Jika type="i"       maka akan menampilkan i,ii,iii,....
Jika type="I"      maka akan menampilkan I,II,III,....


Coba script di bawah ini :

<html>
<head><title> ordered list</title></head>
<body>
<ol type="i">
                <li>saya
                <li>saya
                <li>saya
</ol>
<ol type="A">
                <li>dia
                <li> dia
    <li> dia
</ol>

</body>
</html>




Maka hasilnya akan seperti di bawah ini :



Unordered  list di bagi atas beberapa macam yaitu dengan tipe berbentuk lingkaran dengan warna hitam (default), lingkaran berwarna putih dan bentuk kotak.
Macam macam type unordered list :
type="disc" (default) untuk bentuk lingkaran berwarna hitam
type="square"  untuk bentuk lingkaran kotak


Coba script di bawah ini :

<html>
<head><title> ordered list</title></head>
<body>
</ul>
<ul type="square">
                <li>dia
                <li> dia
    <li> dia
</ul>
<ul type="disc">
                <li>saya
                <li>saya
          <li>saya
</ul>

</body>
</html>





Maka hasilnya akan seperti di bawah ini :






 

1 comment:

silahkan komentar disini