burung twitter

Tuesday, August 14, 2012

Membagi Partisi dengan Menggunakan Easeus partition


 
Sebelum membagi partisi pada computer atau laptop anda, terlebih dahulu anda harus mempunyai  easeus partition master9.1.1 home edition yang bisa anda download sendiri di internet. Jika sudah ada lagsung saja di buka aplikasi tersebut. Akan lebih baik jika tidak ada program yang berjalan di komputer anda pada saat easeus di jalankan (komputer harus dalam keadaan stabil). Setelah itu baru anda bisa membuka aplikasi easeus partition master9.1.1 home edition.

Langkah 1, buka aplikasi



Langkah 2, go to main screen


Langkah 3, pilih partisi yang ingin di bagi, pastikan partisi yang anda pilih bertype logical dan pastikan anda yakin dengan partisi yang akan anda bagi. klik kanan lalu pilih resize



Langkah 4, ubah partition size sesuai dengan nilai partisi yang ingin anda bagi, jika nilai pada partition size awalnya adalah 15000 mb dan anda ingin membuat partisi baru dengan ukuran 5000mb dari partisi tersebut yang berikuran 15000 mb, maka anda merubah partition size nya menjadi 10000mb maka nanti secara otomatis nilai unlocated space after akan berubah menyesuaikan diri  dengan nilai pertisi yang akan anda buat yaitu 5000mb. Setelah itu klik ok.



Langkah 5, nanti anda akan melihat satu partisi yang unllocated, itulah partisi yang telah anda buat, setelah itu anda klik kanan pada partisi yang unllocated lalu pilih create partition.

unllocated partition

create partition



Langkah 6, ketikan nama partisi anda pada partition label , file systemnya tetap saja NTFS, pilih drive letter yang anda inginkan (contohnya  d: ), dan cluster size tetap default. Setelah itu klik ok.



Langkah 7, anda akan melihat partisi yang telah anda buat, lalu klik apply untuk dapat menggunakannya di my computer


Langkah 8, lalu akan ada kotak perinngatan apakah anda akan memilih shutdown atau tidak setelah pengaplikasian selesai, kalo saya sarankan sih shutdown saja supaya komputer dapat mereload drive yang baru masuk.



Selamat mencoba yaaa....
.

No comments:

Post a Comment

silahkan komentar disini